New Heart Community

Perjalanan kali ini saya lalui dengan mengikuti suatu komunitas religi di agama katolik. Saya memang bukan seorang katolik, tapi buat saya aneh aja kenapa saya bisa nyasar ikut acara dikomunitas ini. Awalnya saya tau komunitas ini dari seorang teman yang saya kenal di bakti sosial. Seiring waktu berjalan sampai akhirnya dia mengenalkan saya tentang acara komunitas ini dan namanya itu NHC. Dia mengajak saya ikut komunitas ini, saya juga gak tau komunitas ini apaan sih?dan ada acara apa aja?jujur aja saya kan bukan katolik jadi saya ragu ikut acara yang ada ibadah katoliknya. kata teman saya sih, ini acara untuk menambah teman dan kalau yang satu vibrasi bisa jadi jodoh. Tapi saya sendiri bukan untuk nyari jodoh dengan  ikut suatu komunitas ini. Setelah berpikir panjang akhirnya saya ikut komunitas ini. Sewaktu saya ikut, saya mengenal berbagai macam latarbelakang dari usia, suku, ras dan budaya.

Acara di komunitas ini diselengarakan selama 3 hari 2 malam ret-ret di Villa Puspanita Bogor dan kegiatannya meliputi dari sesi ibadah, sesi permainan, pengenalan, curhat dan kekompakan. Acara ini yang ikut ada 16 orang dan semuanya single. Memang acara ini diselenggarakan dengan persertanya itu  wanita dan pria yang masih single dari usia minimum 27 tahun keatas.

Villa Puspanita

Selama saya mengikuti acara ini, saya jadi nambah teman dan kenalan baru. Saya juga banyak dapat pengalaman baru. Diacara ini, saya juga banyak belajar mengenal dan merasakan tentang true love, berbagi dan kerjasama.

Disaat sesi ibadahnya saya gak mengikuti sesi katolik dimana ada beberapa hal yang saya gak ikutin tapi secara keseluruh saya ikutin.  Acara ibadahnya gak jauh berbeda dengak kristen protestan. Saya ikut ibadah yang sejalan dengan prinsip agama saya dan saya gak ikutin sesi yang gak sejalan dengan agama saya.

Sesi Ibadah

Di acara ini, ada pembagian kelompok sesi curhat dengan mentor-mentor yang berbeda namun setiap kelompok kita diminta cerita tentang bahasan di setiap sesinya.

Diselang sesi materi diskusi ini juga, ternyata kita membuat kejutan ulang tahun untuk Pastor Handoko selaku pembing rohani kita di acara ini.

 

Selain sesi ibadahnya, yang membuat acara ini menarik di sesi permainannya sesama anggota peserta lainnya. Di sesi ini kita diajarkan bagaimana kerjasama yang baik dalam satu team dan bagaiman kita mendengarkan arahan dari teman team kita.

Setelah sesi permainan ini, kita makan bersama dengan seluruh peserta dan mentor-mentor lainnya. Sesi ini adalah sesi kita bisa ngobrol bersama, bercerita apa aja untuk mengenal satu sama lainnya. Buat saya pribadi, disini saya diajarin kerjasama ,membuang kepentingan pribadi saya juga, bagaimana saya menghargai sesama.

Sesi terakhir, di sesi ini seluruh mentor dan rekan panitia memperkenalkan diri ke pesertanya dan pesertanya bisa bertanya tentang diskusi materi yang telah disampaikan di acara ini selama 3 hari 2 malam.

Akhir dari Acara ini ditutup dengan foto bersama 🙂

Buat saya kesannya saya ikut acara ini, bisa memberikan  nilai-nilai tersendiri bagi diri saya pribadi. Di acara ini, saya lagi-lagi belajar benar-benar memaknai arti true love  bukan cinta yang hanya nafsu dan untuk nyari jodoh aja. Tapi lebih ke makna arti cinta sejati ke Tuhan dan sesama.

Acara ini tidak identik dengan nyari jodoh koq dan bukan untuk orang yang udah ngebet mau nikah. Saya dari awal menekankan bahwa saya memang tidak ada terlintas ikut acara ini untuk nyari jodoh tapi untuk merasakan value atau nilai-nilai arti cinta sejati itu apa sih. Jadi, saya gak salah menafsirkan tentang cinta.

Semoga perjalanan kisah saya ikut komunitas ini bisa jadi gambaran teman-teman yang mau merasakan sama seperti yang saya rasakan juga dan berdampak dalam kehidupan sehari-hari. Amien.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *